Cara Agar Audiens Percaya Tulisan yang Kita Buat

Salah satu fungsi membuat konten atau tulisan adalah agar audiens membeli atau menggunakan produk kita. Tapi, bagaimana cara membuat tulisan yang dipercaya audiens?

Padahal bagi bisnis itu memiliki audiens yang percaya sama kamu itu penting banget.

Kenapa? Karena kalau mereka percaya, mereka bakal:

  • Baca semua yang kamu tulis
  • Sukarela memberikan Like & retweet konten kamu
  • Bahkan tujuan lebih dalam, yaitu membeli produk yang kamu tawarkan

Ada banyak cara buat bangun trust atau kepercayaan, tapi ada satu cara yang mudah dan efektif. Kuncinya adalah konsistensi. Nama konsepnya: TIMBAL BALIK.

Bayangkan kamu baru kenal sama seseorang. Ketemu di cafe, makan dan ngopi bareng, dan ternyata dia yang traktir. Kamu langsung merasa terkoneksi sama dia.

Kamu berpikir, “Oke, aku suka sama orang ini. Lain kali, aku akan traktir dia atau bantuin kalau dia butuh bantuan.

Saat kamu memberi, orang lain akan senang sama kamu. Ini bibit dari TRUST. Semakin sering kamu memberi, trust akan terbangun.

Cara Terapkan TIMBAL BALIK dalam Konten

Untuk membangun trust di dunia konten, kamu bisa sering-sering berbagi konten yang bermanfaat. Pastikan kontenmu juga relatable sehingga audiens merasa terkoneksi.

Masalahnya untuk bisa menjadi relate itu yang sulit. Ga semua penulis bisa.

Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan oleh seorang penulis, yaitu:

1. Menulis apa yang sedang ditekuni

Misalkan, kamu seoarang akuntan. Ketika kamu disuruh untuk menulis konten, panduan atau bahkan tips pasti akan lebih bisa tentang keuangan atau manajemen. Kalau disuruh menulis topik bengkel mobil atau mungkin tentang alat mancing, pasti ya ga sedalam ketika kamu nulis tentang keuangan.

Ini udah secara ga langsung muncul aja sebab berdasarkan pengalaman pribadi yang diselipin ke tulisan yang sedang dikerjain.

2. Dengan riset yang benar

Nah, apabila kamu dipaksa buat menulis yang diluar bidang, ada cara supaya tulisanmu bisa relevan dan bahkan lebih daging.

Yaps, caranya dengan riset masalah.

Alih-alih membahas hal umum, coba kamu cari pertanyaan yang muncul di komentar konten youtube kemudian kamu eksplore solusinya.

Pasti itu akan lebih dalam pembahasannya. Dan audiens juga bakal dapat hal baru yang tidak ditemuin di konten-konten lain.

Akibatnya apa? Namamu akan dikenal membahas yang mendalam dan masalah-masalah yang emang banyak dibutuhkan audiens.

Tips Membuat Konten yang Relatable dan Meningkatkan Trust

1. Jeli Melihat Kegelisahan Audiens

Pahami apa yang menjadi masalah atau kekhawatiran mereka.

Contohnya, banyak orang yang ingin belajar menulis agar konten mereka lebih segar dan terstruktur.

Solusinya apa? Coba dengan memberikan tips dan pengatahuan dasar.

Jangan kejebak tips yang panjang. Audiens itu butuh solusi yang cepat dan berhasil, jadi fokus saja hal-hal kecil dahulu agar mereka coba. Entar, kalau tidak berhasil pasti mereka bakalan nanya kembali di akunmu dengan komentar.

“Kok aku gak bisa ya dengan tips ini?”

Nah, tugas kita adalah memberikan alternatif solusi lainnya. Makanya, perlu yang namanya “riset masalah” itu tadi. Satu masalah mungkin bisa diselesaikan dengan 7 cara yang berbeda.

Alih-alih membahas 7 cara secara langsung mending membahas setiap cara dengan panduan yang jelas dan runtut. Pasti audiens bakal kebantu banget dan bisa menjawab kegelisahan mereka sih.

2. Bagikan pengalaman dan tips yang bermanfaat.

Misalnya, saya sering sharing tentang tips menulis dari pengalaman yang sudah bertahun-tahun saya geluti. Alhamdulillah, trust dari audiens pun mulai terbangun.

Dengan menerapkan prinsip timbal balik dan konsistensi, kamu bisa membangun trust audiens dengan baik. Jadi, mulailah berbagi dan lihat bagaimana kepercayaan dari audiensmu berkembang.

Singkat dan semoga bisa jadi bacaan bermanfaat buat yang punya bisnis atau yang mau jualan.

Leave a Comment