Rumus Membuat Konten: Temukan MASALAH dan KEINGINAN

Sudah baca banyak cara untuk membuat konten menarik? Sudah dicoba dan hasil tidak naik signifikan? Mungkin kelupaan rumus membuat konten ini.

Rumus utama membuat konten yang disukai bahkan audiens bukan hanya menyukai tetapi juga terselesaikan solusinya adalah “Menemukan masalah dan keinginan” mereka.

Kuncinya cuma itu saja.

Rumus Membuat Konten

1. Temukan Masalah Audiens

Pertama, adalah kalian sebagai seorang penulis konten sebaiknya bukan hanya menulis saja dengan “asumsi” masalah yang umum banget. Sebab, target audiens yang benar adalah yang punya spesifik kasus juga.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar untuk menemukan “Masalah Audiens” ini dan bisa memberikan minimal solusi ringan untuk masalah tersebut.

Ini pasti bakal rame dan bukan hanya rame, tapi juga bakal dibagikan ke yang lain sebab mereka yang udah baca atau melihat konten merasa kalau konten yang dia baca juga harus dibaca orang lain.

Contoh

Kasus kecil adalah ada seorang guru yang ingin menulis buku ajar untuk siswa-siswa SMA dan selama ini tidak kunjung selesai. Masalahnya ternyata adalah guru banyak kegiatan dan juga banyak urusan rumah yang ujung-ujungnya masalah menulis buku ini jadi terabaikan.

Terus solusinya gimana?

Dari masalah di atas ada beberapa poin yang bisa kita manfaatin.

  • Banyak kegiatan
  • Tidak sempat menulis
  • Lupa begitu saja

Solusinya, kita bisa tawarkan berupa agenda harian untuk menulis. Jadi, kayak habit tracker gitu tapi fokus untuk menulis saja.

  • Spread sheet/ Excel/Notion
  • Tugasnya menulis 10-15 menit sehari
  • Kenapa kok cuma 15 menit? Sebab sibuk banget guru tuh. Dengan asumsi selama setahun, kalau dikumpulin tulisannya bisa jadi buku.

Nah, itu caranya riset. Terus kita buat deh kontennya dan bagi yang mau template habit tracker untuk menulis bisa banget untuk komentar.

Kontenmu rame, user juga dapat apa yang diinginkan.

2. Temukan Keinginan

Selain masalah, audiens itu juga memiliki keinginan. Keinginan buat menyelesaikan masalah dengan cara yang simpel dan mudah.

Misalkan.

Ada seorang mahasiswa yang ingin cepat lulus karena biar tidak membayar UKT lagi tetapi terkendala untuk menyelesaikan skripsinya karena sulit. Padahal riset sudah dilakukan tapi sulit di penulisan saja dan cari sumber yang pas.

Hmm….

Ada banyak cara untuk mencarikan solusi supaya keinginan lulusnya tercapai.

  • Buat jasa konsultasi skripsi
  • Bikin panduan habit tracker untuk mencicil (kayaknya kurang diterima audiens, tapi gak apa-apa list aja dulu)
  • Bikin ebook gratis yang berisi “Menulis skripsi mudah dengan bantuan chat GPT premium”. Nanti isinya bagaimana membuat prompt yang tepat.

Nah, dengan begitu selain menyelesaikan masalah audiens, kita juga bisa menjualnya panduan-panduan di atas jadi cuan hehe.

Rumus Membuat Konten itu Mudah Kan?

Dengan membaca sekilas, kalian pasti sudah bisa membayangkan betapa mudahnya membuat konten “yang PASTI bakal rame”.

Kalau sudah memberikan solusi, tugas kita adalah menjual produk menjadi uang. Caranya adalah buatlah tulisan yang mana audiens bakalan percaya sama tulisanmu.

Gimana caranya?

Saya sudah tulis sih, coba baca di artikel tentang membuat tulisan agar dipercaya audiens.

Semoga bermanfaat walau singkat.

Leave a Comment